Pelatihan guru berkualitas 2014

Hampir semua kepala sekolah, ketua yayasan atau pemilik sekolah menginginkan sekolahnya maju dan berkembang, namun sayangnya  hanya sedikit dari mereka yang sekedar INGIN saja,  tanpa ada tindakan yang jelas untuk merealisasikannya, sehingga sekolah tersebut berujung ditutup atau kehilangan banyak siswa.

Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mengembangkan kualitas sekolah adalah dengan meningkatkan kualitas SDM guru yang ada di dalamnya yaitu melalui seminar, workhsop, bedah buku dan mengikuti kegiatan MGMP. Sejujurnya kami sangat bangga dengan guru dan wali kelas yang mau belajar sendiri, mengikuti seminar dan workhsop dengan biaya sendiri, membeli buku-buku pengembangan diri dan berkonsultasi kepada kami. Di internet mereka selalu mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan pengembangan diri mereka seperti bagaimana menangani masalah anak, bagaimana menangani masalah siswa, bagaimana teknik mengajar yang baik, bagaimana apersepsi yang baik, teknik ice breaking saat mengajar, agar dicintai siswa, bagaimana cara menterapi siswa dengan hipnoterapy, bagaimana cara menterapi siswa dengan seft, bagaimana cara memotivasi siswa yang malas, bagaimana cara menangani siswa yang bosan belajar dan masih banyak lagi artikel yang dia cari untuk mengembangkan kualitas dirinya sebagai guru. SEANDAINYA SEMUA GURU INDONESIA SEPERTI INI SUNGGUH LUARBIASA!

Kami memperhatikan selama ini banyak sekolah yang sudah menyadari pentingnya meningkatkan kualitas para guru, buktinya setiap tahun mereka pasti mengadakan workshop dan pelatihan dengan biaya yang tidak sedikit, seperti pelatihan cara mudah membuat PTK, Pelatihan pembuatan PTK langsung jadi, Pelatihan Multimedia Interaktif yang sering diadakan oleh www.uhudeducation.com, pelatihan bahasa inggris, Pelatihan menyusun bahan ajar, Pelatihan membuat RPP yang baik dan masih banyak lagi.

Namun jarang sekali ada guru yang bersedia mengimplementasikan ilmu yang didapatnya saat pelatihan, sebagian guru beragumen"bahwa buat apa saya membuat RPP, PTK dan lain sebagainya, toh bisa saya copy-paste dari teman-teman lain, atau saya download di internet". Sebagian guru justru semangat dan rajin sekali mengakses internet mencari artikel-artikel yang dibutuhkannya seperti Download Gratis RPP SMP 2014 kelas siap pakai , Download gratis RPP SD 2014 kelas siap pakai , download PTK gratis, Jasa pembuatan PTK murah dan cepat 2014, jasa terjemahan bahasa inggris ke indonesia murah berkualitas atau jasa terjemahan bahasa indonesia ke inggris indonesia yang berkualitas dan  murah.

Oleh karena itu, super wali kelas memberikan saran kepada sekolah agar tidak sembarangan menyelenggarakan pelatihan di sekolah, atau mengikutikan guru mengikuti seminar dan workhsop  mahal di luar sekolah. Kualitas guru yang bertama kali dilatih terlebih dahulu adalah
1. Paradigmanya
Adakan pelatihan yang dapat membentuk karakter guru yang positif dan beraklak mulia, Sehingga guru senantiasa melayani siswa dengan ikhlas dan totalitas menjalankan tugas.
2. Komitmen
Mengadakan pelatihan sebanyak dan sebagus apapun, tidak akan berguna tanpa adanya komitmen guru untuk menerapkannya. lalu Bagaimana cara mudah membentuk komitmen guru?, Membentuk komitmen guru melalui pelatihan juga sangat memungkinkan, mungkin bisa digabung dengan pelatihan pembentukan karakter guru, namun pahamilah bahwa komitmen tidak bisa dibentuk dalam 1-2 hari, mungkin pelatihan yang 1-2 hari tersebut bisa kita optimalkan dengan menandatangi Spanduk "Siap Berkomitmen 1000% di tahun 2014", lalu spanduk tersebut dipasang di ruangan guru, namun semua tergantung dari manajemen dan kepemimpinan sekolah secara rutin melakukan penyadaran.

3. Kompetensi
Kompetensi berkaitan dengan keahlian atau cara, untuk menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi guru, sekolah bisa melakukan skala prioritas.

Semoga bermanfaat!

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Phobia pada Anak (Takut petir)