Cara Mengatasi Phobia pada Anak (Takut petir)

Phobia sering kali disebut rasa takut yg tidak normal (berlebihan) pada suatu keadaan dan benda tertentu, penyebabnya karena faktor emosi negatif yang ter-"achoring" pada keadaan atau benda tertentu, contohnya takut suara petir,  karena emosi negatif (rasa takut) anak dibangkitkan pada saat mendengar petir atau melihat kilatannya, contoh putra saya takut petir karena pengasuhnya tdk sengaja mengatakan "ayo bobok, nanti digigit petir"'sejak saat itu putra saya yang berusia 3 tahun takut jika mendengar suara atau kilatan petir hingga akhirnya "sembuh" karena saya terapi.
Apakah phobia pada anak harus disembuhkan?. Sebagai orang tua yang baik tentu kita tidak ingin anak kita menderita karena mendengar suara petir kan?. 

Perlu kami sampaikan bahwa cara menyembuhkan phobia pada anak dibawah usia 5 tahun sangat mudah sekali dibandingkan anak usia di atasnya. Orang tua, guru (paud dan TK) bisa melakukannya sendiritanpa harus menguasai hipnotherapy. Caranya?

Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman, bagaimana cara saya menyembuhkan phobia takut petir pada anak saya yang berusia 3 tahun, sy menyembuhkannya hanya dalam waktu kurang dari 30 menit, sekali lagi kurang dari 30 menit anak sy sudah tidak takut petir lagi.

Metode terapi ini bernama Collapsing Anchor. prinsipnya adalah menggabungkan emosi takut akibat phobia dengan emosi bahagia dalam satu waktu. misalnya phobia petir: Buat perasaan anak  bahagia dan tertawa-tawa, kemudian jika berhasil, tunjukkan suara petir buatan (sama persis) lewat video atau audio.

Berikut ini adalah langkah saya dalam melakukan teknik Collapsing Anchor untuk menangani phobia.
1. Terapi sederhana ini dilakukan pada saat atau sebelum ada petir. (Boleh juga menggunakan audio suara petir). Waktu itu saya melakukannya di kamar pada malam hari setelah sholat maghrib.
2. Jika langkah pertama sudah dipenuhi maka temani anak dan buat anak merasa bahagia dengan permainan yang menyenangkan, loncat-loncat di kasur sambil tepuk tangan...
3. Tingkatkan kebahagiaan dan kegembiraan anak dengan permainan "tepuk tangan horee bergembira". caranya anda katakan "ada hujan" maka semua keluarga yang lain terutama anak anda tersebut ikut tepuk tangan ceria sambil mengatakan "horee bergembira",  "ada Air"..."horee bergembira", "ada suara petir (nyalakan audio petir)"..."horee bergembira"...klau anak ikut gembira berarti anak sudah mulai belajar menerima suara petir, lakukan terus sampai anak benar-benar nyaman dengan suara petir. 

Tritmen sederhana di atas dapat dilakukan pada phobia yang lain seperti takut gelap, takut ular, takut kodok,dan sebagainya. Demikian tips dari kami  semoga bermanfaat dan dengan senang hati jika anda kabarkan hasilnya pada kami di nomor 085259400094 (Umar Kadafi). Terimakasih.
---------------------------------------------------------------
Super Wali Kelas adalah Program Pelatihan Pembentukan Karakter Siswa melalui peran Wali Kelas. Yang kami latih adalah wali kelasnya, agar wali kelas mampu menangani masalah anak dengan terapi super wali kelas dan agar wali kelas dapat membentuk karakter siswa dengan Sistem Super Wali Kelas.

Namun peran orang tua juga sangat penting untuk mendukung program super wali kelas, orang tua harus mengetahui bagaimana cara membentuk karakter anaknya, menterapi sendiri anaknya yang bermasalah seperti malas belajar, suka melawan orang tua, kurang disiplin, malas ibadah dan lain sebagainya. Untuk itu kami menyelenggarakan pelatihan berkualitas untuk orang tua yang kami beri nama Super Orang Tua.

Komentar